7 Cara Mencegah Warna Pakaian Pudar Saat Dicuci

tips mencuci baju agar tidak pudar

Pakaian sering pudar warnanya jika dicuci dan dikeringkan dengan cara yang kurang tepat. Pakaian juga bisa pudar warnanya karena pemilihan sabun cuci dan pemutih yang salah. Pakaian yang sudah pudar warnanya akan susah dikembalikan ke warna aslinya, sehingga akan sangat merugikan kita.

Lantas, adakah cara untuk mencegah pakaian pudar ketika dicuci?

Cara mencegah warna pakaian pudar saat dicuci

Dilansir dari TheSpruce, berikut enam cara ampuh mencegah pakaian pudar saat dicuci:

1. Cuci warna yang sama

Sebaiknya sortir terlebih dahulu warna pakaian sebelum dicuci. Campurkan warna yang bernada sama dalam satu wadah. Jangan mencampur agen sbobet pakaian dengan warna berbeda-beda dalam satu wadah untuk meminimalkan risiko luntur dan kelunturan.

2. Baca label perawatan

Umumnya, setiap pakaian mempunyai label perawatan yang berada di sisi bagian dalam Periksa petunjuknya, kemudian lakukan anjuran yang ditentukan untuk membantu agar warna pakaian tidak cepat pudar.

3. Cuci dengan air dingin

Mencuci pakaian dengan air dingin dapat membantu warna pakaian tetap sama dengan aslinya. Air dingin bisa membuat kerja deterjen lebih maksimal. Sehingga jenis deterjen yang bisa mempertahankan warna pakaian bisa bekerja lebih optimal.

4. Jangan biarkan terlalu kering

Jangan mengeringkan pakaian menggunakan mesin hingga kering sempurna. Hal ini lantaran proses ini bisa sangat memudarkan warna pakaian. Pakaian harus sedikit lembap untuk menjaga warna tetap menempel di serat kain. Cara terbaik, keringkan baju dengan cara dijemur atau diangin-anginkan.

5. Jemur dengan cara dibalik

Jika ingin menjemur pakaian di bawah sinar Matahari, jangan lupa untuk membalik pakaian, dengan sisi dalam berada di luar. Sisi yang terkena sinar Matahari rawan memudar warnanya, juga rawan menjadi kasar serat-seratnya.

Baca Juga : Cara Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari

6. Tambahkan cuka

Cuka memang memiliki aroma yang tidak mengenakkan, namun dapat digunakan untuk mencuci pakaian. Panambahan cuka ke dalam air bisa mempertahankan warna kain sehingga mencegah warna serat kain pudar atau luntur. Selain itu, cuka dapat melembutkan sehingga membuat pakaian tidak terlalu kaku setelah dicuci.

7. Mencuci dengan lembut

Mencuci pakaian dengan kasar dapat memudarkan warna, termasuk menguceknya menggunakan tangan atau menggunakan mesin cuci.

Oleh karena itu, lakukan proses pencucian dan pengeringan yang lembut agar kain pakaian tidak rusak.  Atur pengaturan putaran mesin di angka rendah atau sedang, untuk kain yang lembut dan mudah pudar warnanya.

Selain itu, Anda bisa pula memakai beberapa deterjen yang diformulasikan untuk mencegah pemudaran warna.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.