Baksos Kesehatan Awam Keliling bagi Orang Tua Lanjut Usia

Dengan penuh semangat para relawan melangkah dari satu desa ke desa lainnya untuk memberikan pelayan kesehatan bagi orang tua lanjut usia.

Orang tua lanjut usia membutuhkan perhatian khusus, karena kecakapan tubuhnya yang tak lagi sama seperti dulu. Namun lokasi yang jauh seringkali menjadi kendala bagi orang tua lanjut usia untuk mengakses layanan kesehatan, utamanya yang berada di daerah pelosok. Karena itu pada tanggal 20-21 Februari 2019, sebanyak 11 relawan Tzu Chi Sinar Mas di Xie Li Kalimantan Selatan 2 menggelar bakti sosial Kesehatan Awam keliling yang khusus ditujukan bagi orang tua lanjut usia. Para relawan sedang berkunjung ke salah satu rumah orang tua lanjut usia yang akan diperiksa kondisinya.

Relawan sedang memeriksa kondisi seorang kakek yang telah tak dapat berdiri.

Baksos ini dilakukan di empat desa numerounosantaclarita.com yang berada di sekitar zona Perkebunan Sinar Mas wilayah Kalimantan Selatan. Ialah Desa Sangsang, Desa Tamiang, Desa Tebing Tinggi, dan Desa Geronggang. Para relawan dengan ikhlas memberikan perhatian bagi orang tua lanjut usia di sini. Langkah kaki para relawan bergerak dari satu rumah ke rumah lainnya, dari satu desa ke desa lainnya. Mendatangi segera pasien dengan pendampingan perangkat desa setempat.

Seorang pasien terharu mengamati dan menikmati kehadiran relawan.

Dr. Eka Dwi yang ialah relawan medis yang ikut serta dalam kegiatan ini dengan penuh cinta kasih memeriksa kondisi para orang tua lanjut usia yang didatangi. Tidak jarang, rasa haru disertai isak tangis datang dari para pasien. Kondisi jasmaniah mereka yang tak lagi dalam kondisi prima, membikin para orang tua lanjut usia yang diperiksa terharu senang.

Berakhir diperiksa, obat-obatan diberikan terhadap para pasien disisipi penghiburan, semangat, dan canda tawa dari relawan.

Sebelum berkeliling ke rumah warga, regu relawan berkumpul dan menyapa aparat desa terpenting dulu.

Selama dua hari kegiatan ini berlangsung, sebanyak 106 pasien ditangani dan diberikan perhatian khusus. Peluh peluh yang berderai dan lelah yang dirasakan para relawan sirna seiring dengan perasaan senang saat mengamati senyum senang para orang tua lanjut usia.

Kata Perenungan Master Cheng Yen ialah “Lakukan perbuatan bagus yang pantas dilakukan dengan sepenuh hati, tak perlu menghitung berapa banyak perbuatan yang telah dilakukan” menyemangati langkah demi langkah para relawan dalam menjalani kegiatan ini.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.