Bukan hanya tubuh, hormon juga ditemukan berhubungan dengan penuaan

Penuaan adalah proses yang terjadi pada makhluk hidup seiring bertambahnya usia. Pada manusia, proses penuaan diwujudkan melalui perubahan fisik, seperti munculnya kerutan pada kulit, nyeri sendi, dan hilangnya panca indera. Selain perubahan yang terlihat tersebut, ternyata proses penuaan juga terjadi pada hormon tubuh.

Apa yang terjadi slot77 login ketika hormon tumbuh? Penuaan dan Hormon Seiring bertambahnya usia seseorang, produksi hormon juga berubah. Banyak perubahan produksi hormon yang mempengaruhi penuaan fisik. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon tertentu dalam darah bisa menurun.

Menurut laman Medline Plus, penurunan hormon bisa berbeda antara wanita dan pria. Beberapa hormon yang menurunkan produksi pada wanita adalah: Estrogen: berperan dalam menjaga tulang, kulit, dan organ reproduksi.

Penurunan hormon estrogen dapat menyebabkan osteoporosis, kerutan kulit, dan perubahan mood saat menopause. Progesteron: bekerja dengan estrogen untuk mengatur siklus menstruasi dan kehamilan. Penurunan progesteron dapat menyebabkan insomnia, kecemasan dan menopause.

Melatonin: Hormon melatonin membantu mengatur tidur. Penurunan melatonin dapat menyebabkan insomnia dan masalah tidur lainnya.

Sedangkan penuaan pada pria dapat menyebabkan penurunan hormon berupa: Testosteron: hormon yang berperan dalam membangun massa otot, menjaga libido, dan menjaga kesehatan tulang libido. Penurunan kadar testosteron dapat menyebabkan kelelahan, penurunan stamina dan fungsi ereksi.

Hormon Pertumbuhan (HGH): HGH membantu membangun dan memperbaiki otot. Penurunan hormon ini dapat menyebabkan kulit kusam, mudah lelah, dan menurunnya stamina.

Menghindari penuaan hormonal yang menyebabkan berkurangnya produksi hormon merupakan proses alami bagi manusia.

Namun, pernahkah Anda melihat seseorang yang berusia di atas 60 tahun masih tetap bugar? Ternyata banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi penuaan hormonal, seperti mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, rutin berolahraga, tidur cukup, mengelola stres, serta menghindari rokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.