Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tak Mudah Sakit

menjaga kebugaran

Seperti peribahasa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, sudah sepatutnya kita mengetahui cara menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit. Menjaga kesehatan tubuh sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Hanya saja, Anda memang perlu konsisten dalam melakukannya.

Cara menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Meski beberapa orang mungkin merasa susah untuk memulainya, hasil dari pola hidup sehat akan membuat kesehatan Anda lebih terjaga ke depannya. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.

1. Makan buah dan sayur

Ketika mengambil makan, jangan hanya terfokus pada pemenuhan karbohidrat saja. Cobalah untuk memenuhi piring dengan berbagai zat gizi, termasuk melengkapinya dengan sayur dan buah-buahan. Mengutip dari situs World Health Organization (WHO), orang dewasa setidaknya membutuhkan 400 gram asupan buah dan sayur setiap harinya.

Selain sebagai lauk, Anda bisa makan sayur dan buah setiap hari dalam bentuk camilan sehat, seperti salad atau smoothie bowl. Dengan asupan makanan yang sehat, Anda bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Ini juga mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti diabetes jantung, stroke, hingga kanker.

2. Olahraga rutin

Tetap aktif melakukan olahraga secara rutin akan membuat tubuh Anda bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Orang dewasa (18–64 tahun) setidaknya membutuhkan aktivitas fisik selama 150 menit setiap minggunya. Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, olahraga rutin juga membantu Anda menjaga kesehatan mental dengan cara mengurangi stres. Pastikan untuk menyesuaikan  jenis olahraga dengan kondisi tubuh Anda.

3. Minum teh hijau

Sudah cukup lama teh hijau dipercaya mampu memberi berbagai manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini didapatkan dari tingginya kandungan antioksidan yang ada di dalamnya, terutama flavonoid. Dengan kandungan flavonoid, teh hijau dipercaya mampu menurunkan tekanan darah hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Teh hijau juga dikenal mengandung polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan satu ini.

4. Tidur cukup

Terdapat hubungan yang kuat antara kualitas tidur dengan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, ketika beristirahat, tubuh Anda akan membersihkan racun dan mengembalikan energi. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh Anda akan terjaga.

Kurang tidur akan meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe dua, jantung, obesitas, hingga depresi. Pastikan Anda tidak mengganti jam tidur malam dengan tidur siang karena keduanya tidak memberikan manfaat yang sama.

5. Kelola stres

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah mengelola stres. Pasalnya, stres terbukti dapat melemahkan sistem imun sehingga membuat Anda lebih mudah sakit.

Baca Juga : Ketahui Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dan 5 Caranya

Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol sebagai penyedia energi. Namun, jika kortisol dilepaskan secara terus menerus, kinerja tubuh justru bisa menurun sehingga Anda rentan sakit.

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengelola stres, contohnya melakukan hobi, meditasi, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat.

6. Bersosialisasi dengan orang sekitar

Ketika Anda merasa terpuruk saat menghadapi sesuatu, jangan pernah merasa sendiri. Cobalah untuk menceritakan kondisi tersebut pada orang-orang terdekat Anda yang bisa dipercaya. Jika itu tidak cukup, Anda bisa mempertimbangkan untuk datang ke psikolog.

Mengisolasi diri saat sedang terpuruk justru memperbesar risiko Anda untuk mengalami stres dan depresi. Saat Anda stres, kekebalan tubuh akan ikut menurun sehingga tubuh Anda rentan terkena penyakit.

7. Menjaga kebersihan

Cara menjaga kesehatan yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit menular.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan yang bisa Anda terapkan.

  • Cuci tangan sebelum dan setelah makan.
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.
  • Minum air dari sumber terpercaya.
  • Menutup genangan air.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.