Cara Merawat Tubuh Laki-Laki dengan Tepat dan Benar, Sering Dianggap Tabu

cara merawat tuhuh pria

Sebagian pria di Indonesia melakukan perawatan pada tubuh masih dianggap tabu, hal ini disebabkan oleh budaya negatif yang berkembang di masyarakat. Padahal laki-laki juga membutuhkan perawatan untuk menjaga kulit terlihat lebih sehat. Perlu diketahui jika cara merawat tubuh laki-laki tidak sama dengan wanita.

Walaupun sama-sama membutuhkan rutinitas perawatan kulit. Perawatan wajah remaja pria tidak melulu harus berhubungan dengan produk skincare seperti wanita, lantaran perbedaan kulit pria yang memiliki rambut atau bulu yang lebih lebat di daerah wajah.

Baca Juga : Begini Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Bekerja

Selain itu, kolagen pada pria juga cenderung lebih banyak dibandingkan wanita. Hal inilah mengapa kulit wanita lebih cepat menua dibandingkan dengan kulit pria. Oleh karena itu, simak cara merawat tubuh yang sederhana tanpa ribet. Berikut beberapa cara merawat tubuh laki-laki atau pria dewasa agar sehat, bugar, dan selalu terlihat menarik.

1. Pakai Air Hangat Sebelum atau Sesudah Bercukur

Membasuh wajah dengan air hangat sebelum bercukur dapat membuat kulit lembab, sehingga mempermudah dalam mencukur jenggot atau kumis. Selain itu, munculnya bintik merah setelah mencukur adalah tanda iritasi pada folikel rambut, maka kita bisa mengatasinya dengan membasuh wajah menggunakan air hangat.

2. Pakai Facial Wash Khusus Pria

Biasanya, sebagian pria tidak peduli dengan sabun muka yang mereka pakai. Apa saja akan dipakai selama ada di kamar mandi. Padahal kulit pria dengan wanita jauh berbeda. Maka disarankan untuk memakai sabun khusus pria. Karena asal-asalan dalam mencuci muka, maka tak heran akan munculnya jerawat, kulit tampak kusam maupun berminyak. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kebutuhan kulit wajah agar kondisi kulit jauh lebih sehat dan cerah.

3. Hindari Menggosok Kulit Wajah dengan Handuk

Berikutnya, hindari cara menggosok wajah untuk mengeringkan setelah cuci muka. Lantaran hal ini dapat memicu iritasi pada kulit Anda. Sebaliknya, cara yang benar adalah keringkan wajah dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk.

4. Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Tidak perlu gengsi saat menggunakan prodak pelindung kulit paparan sinar UV, karena sengatan sinar ultraviolet dapat menyebabkan penuaan pada kulit lebih cepat. Seperti kerutan hingga memicu kerusan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih, dan tetap gunakan dalam cuaca apapun. Lantaran sinar UV dapat menembus kain baju maupun masker yang Anda gunakan.

5. Hindari Merokok

Walaupun sulit bagi perokok, namun berhenti merokok dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda, lho. Pasalnya jika merokok, dapat menimbulkan berbagai penyakit kulit hingga mempercepat penuaan kulit.

6. Jangan Mandi Air Panas Terlalu Sering

Mandi air hangat memang menyenangkan, apalagi jika udara sedang dingin. Namun perlu diketahui, jika air yang terlalu panas akan membuat kulit Anda kering, gatal, hingga bersisik. Tentu tidak mau bukan? Oleh karena jangan terlalu sering mandi di air bersuhu hangat ya.

Bagaimana mudah bukan cara merawat tubuh laki-laki? Agar kulit Anda tampak lebih sehat jangan lupa terapkan tips tersebut. Selain itu Anda juga bisa intip berbagai informasi seputar kecantikan dan kesehatan di Tomy Asia.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.