Jangan Sepelekan Hobi Merajut, Ini 5 Manfaatnya bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Hobi Merajut

Ketika mendengar kata merajut, Anda cenderung menganggapnya sebagai aktivitas untuk nenek-nenek. Nyatanya, aktivitas merajut dapat dinikmati oleh segala usia. Dengan jarum dan benang sebagai alat utamanya, merajut tidak cuma menciptakan karya seni yang indah, tapi termasuk merangkul keberlanjutan, kreativitas, dan berfaedah untuk kesehatan.

Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Occupational Therapy menemukan bahwa merajut memiliki manfaat psikologis dan sosial yang signifikan, serta berkontribusi terhadap kesejahteraan dan mutu hidup. Berikut ini adalah sederet kegunaan merajut bagi kesehatan fisik maupun mental layaknya dilansir Step To Health pada Sabtu, 24 Februari 2024.

Mengurangi Stres

Merajut mempunyai elemen terapi yang secara efektif dapat meredakan stres, gara-gara terlalu mungkin Anda untuk memfokuskan perhatian terhadap satu hal, sehingga kondisi pikiran menjadi tenang.

Hal ini sangat berfaedah bagi seseorang yang mengalami masalah kekhawatiran atau stres dengan merajut, Anda beri tambahan area untuk diri Anda nikmati ketenangan dan sebabkan Anda rileks, serta beri tambahan sensasi yang menyenangkan.

Meningkatkan Konsentrasi

Melakukan aktivitas merajut dapat meredam hiperaktivitas dan membantu seseorang yang sukar fokus terhadap satu hal. Merajut artinya melaksanakan suatu hal yang nyata untuk dikerjakan. Dengan mengalihkan fokus perhatian Anda ke benang dan pola yang dapat dibuat, dapat memperkuat tingkat konsentrasi menjadi lebih baik.

Baca juga:

Ragam Aktivitas Fisik yang Dianjurkan Pakar untuk Anak dan Manfaatnya

Efek Stres pada Tubuh dan Cara Mengatasinya

Membantu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Bagaimana suatu hal yang simpel layaknya merajut dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda? Merajut bukan cuma sekadar hobi, merajut melibatkan sebuah tujuan: sebabkan syal, sweater, ataupun tas.  Untuk raih target tersebut, dibutuhkan rasa percaya diri sehingga dapat menyelesaikannya dengan baik. Anda beri tambahan waktu, imajinasi, seni, dan perasaan Anda di dalam setiap jahitannya.

Merajut Meningkatkan Kemampuan Otak

Salah satu kegunaan terbaik berasal dari merajut adalah efeknya terhadap otak. Tindakan simpel disaat sebabkan pola dengan memindahkan seutas benang berasal dari satu jarum ke jarum lainnya, dapat berfaedah di dalam meningkatkan kapabilitas koordinasi otak Anda.

Merajut adalah aktivitas dinamis dimana setiap pergerakannya diatur untuk mewujudkan apa yang Anda bayangkan. Hal ini dapat menstimulasi korteks motorik, lobus frontal, dan oksipital sehingga dapat memperkuat pikiran Anda dan memperlambat masalah kognitif.

Menurut sebuah penelitian th. 2011 yang diterbitkan dalam The Journal of Neuropsychiatry, bermain game, membaca buku, dan sebabkan kerajinan tangan dapat kurangi mungkin mengalami masalah kognitif enteng sebesar 30 sampai 50 persen.

Merajut Bisa Melatih Kemampuan Motorik

Apakah Anda dulu mencermati betapa lincahnya tangan seseorang saat merajut? Menciptakan sebuah karya berasal dari benang bukanlah suatu hal yang simpel yang dapat dipelajari cuma di dalam sebagian menit. Hal ini perlu ritme, kelincahan, dan menuntut tangan untuk selamanya aktif setiap saat.

Merajut adalah latihan yang sebabkan tangan terus bergerak secara teratur dan mencegahnya menjadi kaku. Latihan sehat ini layak dijalankan setidaknya satu jam sehari. Mengutip dari Health Fitness Revolution, gerakan yang mempunyai irama dapat membantu di dalam pencegahan radang sendi dan tendinitis.

Jarak merajut yang kecil terlalu mungkin Anda untuk melatih lengan dan tangan tanpa mengerahkan tenaga yang berlebihan yang dapat sebabkan rusaknya muskuloskeletal, yaitu proses yang terdiri berasal dari tulang, sendi, otot, saraf, dan jaringan ikat.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.