Lunges, Ini Cara Melakukannya untuk Melatih Otot Pinggul dan Kaki

olahraga Lunges

Memiliki otot tubuh bagian bawah yang bagus, kuat, dan juga kencang merupakan idaman hampir tiap-tiap orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Salah satu latihan yang sanggup dijalankan untuk melatih otot tubuh bagian bawah adalah lunges.

Dikutip berasal dari tulisan Pelatihan Lunges Meningkatkan Kekuatan Otot Tungkai Atlet Sepak Bola karya Komang Ayu Tri Widhiyanti, dkk, didalam Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, lunges merupakan latihan yang berfungsi untuk membentuk otot tungkai atau kaki.

Meski tampak gampang dan sederhana, gerakan lunges mesti dijalankan bersama benar demi mendapatkan faedah yang maksimal. Untuk itu, lihat langkah melakukan lunges bersama benar melalui artikel di bawah ini.

Cara Melakukan Lunges bersama Benar

Selain mendapatkan faedah secara maksimal, melakukan lunges bersama benar juga sanggup membantumu terhindar berasal dari cedera. Berikut merupakan langkah-langkah melakukan gerakan lunges.

  1. Berdiri tegak bersama posisi kaki terbuka selebar pinggul
  2. Langkahkan kaki kanan ke depan, selanjutnya tekuk lutut kanan sampai membentuk sudut 90 derajat
  3. Ubah posisi kaki kiri seperti bakal berlutut bersama tumit sedikit terangkat berasal dari lantai.
  4. Pastikan lutut kirimu tidak menyentuh lantai
  5. Kembalilah ke posisi awal
  6. Ulangi gerakan di atas sebanyak 10-12 kali gerakan didalam tiap-tiap setnya.

Jika kamu mendambakan berubah berasal dari kaki kanan ke kaki kiri maupun sebaliknya, lakukanlah sesudah merintis 2 set.

Penting untuk diperhatikan, jikalau kamu punyai riwayat cedera pinggul atau cedera lutut, sebaiknya konsultasikan lebih-lebih dahulu bersama dokter sebelum saat melakukan lunges.

Baca juga:

Jangan Sepelekan Hobi Merajut, Ini 5 Manfaatnya bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ragam Aktivitas Fisik yang Dianjurkan Pakar untuk Anak dan Manfaatnya

Berapa Repetisi Lunges?

Dalam melakukan lunges, ada baiknya melakukan 10 – 12 kali repetisi sebanyak 2 set sebagai permulaan. Jika udah melakukannya bersama repetisi yang cukup, sebaiknya tidak melakukannya kembali esok harinya.

Sebab, bagi pemula, lunges bakal menyebabkan otot tubuh bagian bawah terasa benar-benar pegal. Lakukan lunges paling tidak dua kali didalam seminggu.

Setelah terbiasa, kamu sanggup meningkatkan gerakan lunges secara bertahap menjadi 3 set tiap-tiap kali berolahraga. Kamu juga sanggup meningkatkan intesitasnya bersama melakukan lebih dari satu variasi gerakan lunges, seperti side lunges, curtsy lunges, atau melakukan lunges sambil mengangkat barbel.

Meskipun demikian, jangan lupa untuk mengawali aktivitas olahraga kamu bersama pemanasan dan juga mengakhirinya bersama pendinginan untuk menghindar terjadinya cedera.

Manfaat Lunges Bagi Tubuh

Selain berfungsi bagi kesehatan, lunges sering dijalankan untuk membentuk dan mengencangkan otot tubuh. Berbagai faedah lunges yang sanggup kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah sakit pinggul

Sakit pinggul banyak dialami oleh pekerja kantoran yang lebih dari satu besar sementara kerjanya dihabiskan untuk duduk. Jika kamu rentan mengalami sakit pinggul, lunges sanggup menjadi pilihan yang tepat untuk menghindar sakit pinggul. Ketika melakukan lunges, otot pinggul bakal meregang agar membuatnya menjadi lebih rileks dan lentur.

2. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Gerakan lunges memfokuskan terhadap keliru satu kaki yang digunakan sebagai tumpuan. Ketika kami mengfungsikan satu kaki untuk menumpu beban tubuh, maka keseimbangan bakal menjadi tidak stabil. Dari sinilah lunges bakal melatih tubuhmu agar sanggup memelihara kesimbangan bersama baik.

3. Memperbaiki postur tubuh

Apabila kamu punyai postur tubuh yang sedikit bungkuk, lunges menjadi alternatif baik yang sanggup membuat perubahan postur tubuhmu. Lunges sanggup melatih punggung dan otot bagian inti tubuh tanpa mengimbuhkan benar-benar banyak tekanan terhadap tulang belakang. Otot inti yang kuat dan stabil bakal sanggup memperbaiki postur tubuhmu menjadi lebih tegak.

4. Menambah tinggi badan

Manfaat yang satu ini tidak jauh tidak sama bersama poin sebelumnya. Lunges sanggup meningkatkan kapabilitas punggung dan otot bagian inti tubuh, yaitu panggul, pinggang, pinggul, dan perut. Otot inti yang kuat dan stabil bakal sanggup memperbaiki postur tubuhmu dan membuatnya menjadi lebih tinggi.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Lunges yang dijalankan secara berulang-ulang sanggup meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Kesehatan kardiovaskular yang baik sanggup mengurangi risiko penyakit jantung dan juga memperlancar pembuluh darah.

6. Menurunkan berat badan

Gerakan lunges melibatkan kerja banyak otot di tubuh bagian bawah. Hal ini diketahui sanggup meningkatkan massa otot yang berfungsi bagi peningkatan metabolisme tubuh. Saat metabolisme tubuh meningkat, pembakaran kalori pun menjadi lebih banyak. Dengan begitu, ini benar-benar menunjang didalam proses penurunan berat badan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.