5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

Kulit merupakan organ terbesar di tubuh manusia yang terdiri dari beberapa lapisan. Tiap kapisan kulit sendiri punya fungsinya masing – masing. Epidermis sebagai lapisan paling luar kulit berfungsi untuk melindungi kulit dari berbagai hal yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti debu, kuman, dan juga paparan sinar matahari.

Di bawah epidermis, ada lapisan dermis yang terdiri dari pembuluh darah, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Lapisan terakhir adalah jaringan subkutan yang berfungsi untuk melindungi organ-organ dalam tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal.

Seiring waktu berjalan, kondisi kulit dapat mengalami penuaan atau bahkan kerusakan hingga fungsinya terganggu. Itulah kenapa, sangat penting untuk mempertahankan kesehatan serta ketahanan organ pelindung ini dengan melakukan perawatan kulit secara rutin. Lalu, bagaimana sih cara menjaganya? Yuk simak di bawah.

1.Pakai Pelembab

Bukan Cuma bagi pemilik kulit kering saja, namun pemilik kulit berminyak juga perlu memakai pelembab untuk menjaga kesehatan kulit. Selain bisa melembabkan, pelembab juga bisa mencegah keriput serta menjaga keutuhan skin barrier. Pilihlah pelembab yang cocok dengan kalian supaya perlindungannya bisa maksimal. Kalian bisa mencoba – coba sbobet88 indonesia terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan salah satu produk pelembab tertentu untuk di gunakan seterusnya.

2.Konsumsi Buah dan Sayur

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah dan sayur punya kandungan banyak nutrisi yang bisa menjaga kesehatan kulit. Misalnya seperti vitamin C pada jeruk, stroberi, serta brokoli yang di percaya bisa mencegah munculnya kerutan di kulit. Sementara, vitamin E yang bisa di temukan di alpukat, anggur, dan tomat juga punya fungsi yang tak kalah penting, yaitu mencegah kerusakan sel kulit karena sifat antioksidannya.

3.Bersihkan Wajah Dengan Rutin

Membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari merupakan cara yang ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Pakailan produk pembersih wajah yang lembut serta tak mengandung detergen maupun pewangi untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit wajah. Terutama jika kalian sering berpergian ke luar, sangat wajib untuk membersihkan muka sebelum kalian pergi tidur. Karena, kotoran akan menempel di kulit wajah dan akan menyebabkan berbagai masalah kulit wajah. Misalnya jerawat atau komedo.

4.Hindari Stress Berkepanjangan

Mengelola stress menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena stress berkepanjangan dapat memicu masalah pada kulit, misalnya jerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea. Menghindari stress berkepanjangan bisa di lakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan meluangkan waktu bersama teman – teman kalian, saling berbagai cerita, atau me time sendirian dengan tenang.

5.Pakai Tabir Surya

Menggunakan tabir surya adalah salah satu cara paling penting untuk menjaga kesehatan kulit. Tabir surya sendiri mengandung SPF dan PA yang bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV yang berlebihan.

Misalnya iritasi, penuaan dini, sampai dengan kanker kulit. Untuk mendapatkan perlindungannya, pakailah tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 dan ulangi pemakaiannya tiap 2 jam sekali.

Untuk mendapatkan manfaat serta perlindungan yang maksimal, sesuaikanlah produk perawatan wajah dengan jenis kulit. Jika kalian sudah melakukan berbagai cara menjaga kesehatan kulit namun belum mendapatkan hasil yang di inginkan, kalian bisa coba berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Itulah berbagai tips dan cara untuk menjaga kesehatan kulit. Semoga bermanfaat.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.