Aktivitas yang Dapat Membantu Diri kamu Untuk Tetap Waras dalam Mejalani Hidup

Di era yang sudah sadar akan kesehatan mental seperti yang ada saat ini, menjaga kesehatan mental menjadi salah satu topik penting yang harus dilakukan. Kesehatan mental dan fisik haruslah berjalan secara beriringan, karena keduanya dapat memberikan dampak satu sama lainnya. Kesehatan mental yang terganggu akan sangat mempengaruhi bagaimana cara seseroang hidup. Sebab itu, berikut ini kami akan menunjukkan beberapa aktivitas ringan yang bisa dicoba untuk membuat diri tetap terjaga kewarasannya.

Cara Menjaga Kewarasan

1. Mandi dengan Air Dingin di Bawah Shower

Tahukah kamu, mandi di bawah guyuran judi bola shower dengan air dingin bisa memberikan sensasi berbeda. Apalagi jika kamu melakukan kegiatan ini setelah seharian beraktivitas, otot tubuh akan terbantu menjadi lebih rileks dan pikiran pun menjadi lebih segar. Air dingin dinilai dapat membantu untuk meredakan gejala depresi. Banyak juga manfaat yang bisa dirasakan dengan mandi air dingin, seperti kulit lembab, sistem imun menjadi lebih meningkat, dan aktivitas setelah mandi pun menjadi terasa lebih baik.

2. Meditasi

Meditasi adalah kegiatan yang memiliki tujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Biasanya ini dilakukan dengan cara duduk di tempat yang sunyi, lalu memejamkan mata, mengatur pernapasan, dan pikiran menjadi lebih netral. Sebaiknya meditasi dilakukan dengan pikiran yang tenang atau pikiran difokuskan secara penuh untuk menikmati setiap tarikan dan embusan nafas. Cara ini bisa dilakukan selama 10 sampai 20 m enit untuk membuat pikiran menjadi lebih fokus.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat tentu adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat juga. Makanan yang sehat sendiri merupakan makanan yang seimbang dan mengandung nutrisi yang bisa disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan tubuh sehat, pikiran pun akan menjadi lebih cerah dan positif, sehingga kamu akan lebih baik dalam menjalani hari.

4. Tidur Cukup

Tidur merupakan aktivitas penting yang dilakukan untuk membuat otak beristirahat setelah seharian bekerja penuh. Durasi tidur yang ideal untuk dilakukan oleh orang dewasa adalah kisaran 8 jam. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan jika kita memiliki tidur malam yang cukup, salah satunya adalah kita menjadi lebih segar di pagi hari, lalu meningkatkan imun tubuh. Sebaliknya, jika kualitas tidur kurang baik biasanya orang akan menjadi lebih cepat lelah dan risiko mendapatkan penyakit menjadi lebih tinggi.

6.Olahraga 3 Kali Seminggu

Bukan hany amakan dan tidur saja, olahraga akan masuk ke dalam 3 aktivitas penting untuk manusia. Kamu bisa melakukan olahraga selama 3-5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit. Olahraga yang ringan dengan atau berat sama-sama penting untuk membantu kesehatan fisik dan mental dari seseorang. Olahraga pun akan membuat fisik menjadi lebih bugar dan juga pikiran menjadi terasa lebih positif.

7. Belajar Mengontrol Emosi

Terakhir yang akan kami rekomendasikan adalah kamu harus bisa belajar untuk mengontrol emosi. Untuk menjaga mental tetap waras, maka kamu harus bisa tetap sabar dan baik-baik dalam mengontrol emosi. Kesabaran ini akan memberikan hasil yang baik bagi kondisi kejiwaan. Sedangkan jika kita mudah marah, maka ini akan sangat buruk dampaknya untuk tubuh. Jika mulai terpancing emosi, ada baiknya mulai kontrol dengan cara menarik nafas panjang lalu usaha mendinginkan kepala.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pikiran tetap waras. Cara sederhana ini dapat membuat kamu setidaknya lebih baik dalam mengontrol pikiran kamu.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.