Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung Semenjak Awal

Jantung yaitu organ vital yang bekerja tanpa henti karena berperan penting dalam memompa darah ke semua tubuh untuk mendukung kelangsungan hidup. Walaupun masih muda, bukan berarti Teman Hermina tidak perlu menjaga kesehatan jantung. Justru dengan menerapkan pola hidup sehat atau kultur-kultur yang baik bagi jantung sedini mungkin, maka Teman Hermina bisa mempunyai jantung yang konsisten sehat hingga tua nanti.

Walaupun stroke, serangan jantung, atau keadaan jantung lainnya lebih kerap ditemukan pada orang-orang berusia di atas 60 tahun, buah hati-buah hati muda yang berusia 20 tahunan juga perlu mewaspadai penyakit jantung.

Penyakit jantung di umur muda bisa mahjong slot terjadi pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan kultur tidak sehat lainnya yang dijalankan selama bertahun-tahun. Karena itu, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat bisa menjadi investasi penting untuk kesehatan jantung dalam bentang panjang.

Beragam Variasi Penyakit Jantung

Ada banyak variasi penyakit jantung yang bisa menimpa seseorang. Variasi-variasi penyakit jantung tersebut antara lain:

  1. Penyakit jantung koroner

Penyakit Jantung Koroner (PJK) terjadi dikala pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung mengeras dan mengalami penyempitan. Situasi ini dipicu oleh penumpukan kolesterol dan pembekuan darah di dalam arteri (aterosklerosis).

  1. Serangan Jantung

Serangan jantung yaitu keadaan darurat yang terjadi dikala pasokan darah ke jantung terhambat secara total, sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Serangan jantung umumnya disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

  1. Aritmia

Aritmia yaitu gangguan pada ritme jantung. Ritme jantung pada penderita aritmia bisa terlalu pesat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Aritmia terjadi dikala rangsangan listrik yang mengendalikan detak jantung terganggu, sehingga jantung tidak bekerja dengan baik.

  1. Kardiomiopati

Kardiomiopati yaitu gangguan pada otot jantung. Situasi ini menyebabkan kelainan pada bentuk dan energi otot jantung (umpamanya otot jantung menjadi lebih besar dan kaku), sehingga tidak bisa memompa darah ke semua tubuh dengan baik.

  1. Gagal Jantung

Gagal jantung yaitu keadaan jantung yang terlalu lemah untuk memompa darah ke semua tubuh. Jikalau berlangsung dalam bentang panjang, gagal jantung bisa memicu komplikasi serius yaitu henti jantung, edema paru, gagal hati, dan gagal ginjal.

Gagal jantung yaitu penyakit jantung yang berkembang pelan-lahan secara berjenjang. Situasi ini umumnya diawali oleh adanya penyakit penyerta lain, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, diabetes, dan penyakit jantung bawaan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.